Senin, 10 Februari 2014

Kriteria Pakaian Wanita Muslimah

12 KRITERIA PAKAIAN WANITA
  1. Pakaian wanita harus menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Ingat, selain kedua anggota tubuh ini wajib ditutupi termasuk juga telapak kaki karena termasuk aurat.
  2. Bukan pakaian untuk berhias seperti yang banyak dihiasi dengan gambar bunga apalagi yang warna-warni, atau disertai gambar makhluk bernyawa, apalagi gambarnya lambang partai politik! Yang terakhir ini bahkan bisa menimbulkan perpecahan di antara kaum muslimin. Ingatlah, bahwa maksud perintah untuk mengenakan jilbab adalah perintah untuk menutupi perhiasan wanita. Dengan demikian, tidak masuk akal bila jilbab yang berfungsi untuk menutup perhiasan wanita malah menjadi pakaian untuk berhias sebagaimana yang sering kita temukan.
  3. Pakaian tersebut tidak tipis dan tidak tembus pandang yang dapat menampakkan bentuk lekuk tubuh. Pakaian Muslimah juga harus longgar dan tidak ketat sehingga tidak menggambarkan bentuk lekuk tubuh.
  4. Tidak diberi wewangian atau parfum.
  5. Tidak boleh menyerupai pakaian pria atau pakaian non muslim.
  6. Bukan pakaian untuk mencari ketenaran atau popularitas.
  7. Pakaian tersebut terbebas dari salib.
  8. Pakaian tersebut tidak terdapat gambar makhluk bernyawa (manusia dan hewan).
  9. Pakaian tersebut berasal dari bahan yang suci dan halal.
  10. Pakaian tersebut bukan pakaian kesombongan.
  11. Pakaian tersebut bukan pakaian pemborosan.
  12. Bukan pakaian yang mencocoki pakaian ahlu bid’ah. Seperti mengharuskan memakai pakaian hitam ketika mendapat musibah sebagaimana yang dilakukan oleh Syi’ah Rofidhoh pada wanita mereka ketika berada di bulan Muharram. Syaikh Ibnu Utsaimin mengatakan bahwa pengharusan seperti ini adalah syiar batil yang tidak ada landasannya.

by : Jefry Dewangga (https://plus.google.com/105008908266871514404)

1 komentar:

Bagikan Artikel Ini: